Senin, 21 April 2014

Program Kerja



PROGRAM KERJA

1.      STANDAR ISI

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.
Pengembangan Silabus berdasarkan Kurikulum Sekolah oleh Guru untuk setiap Mata Pelajaran atau Tema khusus kelas I, II, III
Juni – Juli 2013
Pengesahan Awal Agustus 2013
2.
Agar semua peserta didik dapat lebih memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, semua Guru melaksanakan program Remedial atau Perbaikan bagi siswa yang belum tuntas setiap selesai pelaksanaan ulangan harian dengan sebelumnya diadakan pembahasan atau pendalaman terlebih dahulu.
Setelah pelaksanaan ulangan harian
-          Remedial diadakan hanya untuk hasil ulangan harian (ulangan umum dan ujian tidak).
-          Pelaksanaan di luar jam pelajaran
-          Nilai remedial yang dimasukkan ke daftar nilai maksimal sama dengan KKM.
3.
Sekolah menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dengan guru khusus dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik.
Terprogram sesuai jadwal pelajaran
Kasus per kasus sesuai kebutuhan
Semua peserta didik di dalam kelas

Peserta didik khusus di ruang khusus
4.
Sekolah menyediakan berbagai jenis ekstrakurikuler yang terdiri dari ekstra wajib, pilihan wajib, dan pilihan bebas.
Ekstra wajib dan pilihan wajib dilaksanakan setiap hari Sabtu Pagi
Ekstra pilihan bebas dilaksanakan pada sore hari
Peserta pilihan wajib dan pilihan bebas berkesinambungan dari tahun ke tahun (penentuan pilihan di kelas III, kelas IV – VI sama dengan tahun sebelumnya)
Mengangkat Ekstra Jimbe sebagai icon sekolah.


2.      STANDAR PROSES

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.

Menyusun Program Tahunan dengan mengembangkan program sebelumnya baik mata pelajaran umum maupun  tematik kelas I, II, III
Juni – Juli 2013
Pengesahan awal Agustus 2013
2.
Menyusun Program Semester dengan mengembangkan program sebelumnya baik untuk semua mata pelajaran umum maupun tematik kelas I, II, III
Semester I Juli 2013
Semester II Januari 2014
Pengesahan awal Agustus 2013 dan awal Januari 2014
3.
Menyusun Program Rutin Tahunan, Bulanan, Mingguan, dan Harian untuk tenaga kependidikan (Tenaga Administrasi, Satpam, Pelaksana)
Juni – Juli 2013
Pengesahan awal Agustus 2013
4.
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk setiap tema bagi kelas I,II,II dan setiap Standar Kompetensi atau Kompetensi Dasar untuk guru mata pelajaran.
Setiap bulan
-          Pengesahan awal bulan
-          Kegiatan inti mencakup Elaborasi, Eksplorasi, dan Konfirmasi (EEK)
5.
Membiasakan membuat Rencana Kerja Harian (RKH) sehari sebelum pelaksanaan.
Setiap hari
Pengesahan siang hari sehari sebelum pelaksanaan.
6.
Menggunakan berbagai sumber belajar baik buku teks pelajaran, buku referensi di perpustakaan, dan melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan tempat belajar di luar kelas sesuai karakteristik materi pelajarannya.
Buku tek setiap hari
Referensi di perpustakaan sebulan sekali
Belajar di luar kelas setiap semester.
Belajar di perpustakaan sesuai jadwal.
Belajar di luar kelas saat jeda tengah semester.
7.
Mengevaluasi dan menganalisa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran untuk menentukan program tindak lanjut.
Seteleh ulangan harian, ulangan umum, maupun ujian.
Setiap kelas kemudian direkap untuk sekolah.
8.
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran oleh Kepala Sekolah dan Pembina Yayasan Pangudi Luhur, maupun  Pengawas dari Dinas.
Kepala Sekolah setiap semester
Pembina YPL setiap akan kenaikan pangkat
Menunggui 1 jam pelajaran penuh kemudian dilanjutkan pembinaan pribadi.
3.      STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.

Menaikkan perolehan rara-rata hasil UN menjadi 6,00 dengan cara memacu belajar peserta didik, mempercepat pemberian materi, dan pelajaran tambahan untuk kelas 6
Juli 2014.
Materi kelas 6 selesai pada semester I.
Pelajaran tambahan kelas 6 dimulai Oktober 2013
Ujian Lisan dan Praktek bulan Februari 2014
2.
Memberi porsi yang lebih dalam melatih kemandirian dan keberanian kepada peserta didik baik dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun dalam mengerjakan tugas di luar sekolah.
Juli 2013 – Juni 2014
Tidak ditunggui di sekolah, mengerjakan tugas-tugas sendiri, berani bertanggung jawab.
3.
Memotivasi belajar peserta didik dengan menggunakan berbagai macam metode belajar seperti kooperatif learning dan problem solving.
Juli 2013 – Juni 2014
Guru semakin mengurangi penggunaan metode Ceramah dalam pembelajaran.
4.
Meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam berbagai kegiatan baik di sekolah maupun di luar sekolah sehingga kemampuan pribadi dan sosialnya berkembang secara seimbang.
Juli 2013 – Juni 2014
-          Piket, petugas upacara, PMR/ dokter kecil, kegiatan sosial di masyarakat.
5.
Mengefektifkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler dengan memberi kesempatan untuk pentas/ menampilkan hasil belajarnya, serta memberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti kejuaraan di luar sekolah meskipun bukan bagian kegiatan dari sekolah.
Juli 2013 dan Juni 2014
Pentas Seni, lomba-lomba
6.
Meningkatkan kualitas maupun kuantitas kegiatan-kegiatan kerohanian seperti doa harian, ibadat, misa, doa khusus, tugas di gereja, dan bakti social.
Juli 2013 – Juni 2014
Dalam doa memfungsikan pemimpin dan umat.
Kegiatan di luar sekolah sebagai sarana promosi sekolah.
4.      STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.

Merayakan Pahargyan Pesta Perak ( 25 Tahun) untuk Ibu Crecentia Tri Utami, S.Pd  Februari 2013.
Februari 2013
Diadakan acara Pahargyan Pesta Perak melibatkan Guru, Karyawan, dan Undangan
2
Mengadakan Pahargyan Purna Tugas Ibu Pramusinta Dewi
Juni 2014
Diadakan acara Pahargyan Pesta Perak melibatkan Guru, Karyawan, dan Undangan
3.
Memberi kesempatan kepada Guru untuk melanjutkan atau menyelesaikan studi yang belum berkualifikasi D4 atau S1.
Juli 2013
Selama tidak  mengganggu tugas pokok.
4.
Memberi kesempatan kepada tenaga Kependidikan untuk mengikuti kursus atau pelatihan yang sesuai dengan bidang tugasnya.
Menyesuaikan.
Secara bergantian agar tidak mengganggu pelayanan secara umum.
5.
Meningkatkan kompetensi pendidik (Guru) yang meliputi Kepribadian, Pedagogik, Profesional, dan Sosial) dengan mengikuti Uji Kompetensi maupun pelatihan.
Pelatihan : Oktober – November 2013 dan Januari – Februari 2014.
-          Uji Kompetensi oleh Dinas
6.
Meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dengan menjalin kerja sama dengan unit kerja lain khususnya di Yayasan Pangudi Luhur.
Satpam setiap bulan.
Unit kerja lain dalam kota






5.      STANDAR SARANA DAN PRASARANA

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.

Penambahan penerangan dan ventilasi beberapa ruang seperti 101, 103, 104, 204, UKS, dan Ruang Musik.
Juli – Agustus 2013.
Penerangan dengan lampu.
Menambah kipas angin tiap kelas.
2.
Penggantian layar Komputer di Laboratorium Komputer dengan layar datar
JJanuari 2014
Pemasangan dan pemrograman selesai awal Februari 2014.
3.
Pembuatan ruang tunggu pengantar, penjemput
Juli 2013
Membuat pagar ruang tunggu
4.
Pembenahan ruang Kepala Sekolah dan Ruang Administrasi
Agustus 2013
Menambah skat kaca
5.
Pemeliharaan bagunan sekolah dengan melakukan pengecatan dinding, mengganti barang yang rusak, pengadaan selang untuk menyiram tanaman, serta melibatkan anak dalam pemeliharaan dengan piketi.
Renovasi Juli – September 2013
Piket/kerja bakti rutin tiap hari
Secara bertahap oleh tenaga khusus.
Seluruh siswa.
6.
Penataan dan peningkatan pelayanan di koperasi sekolah (ValenSmart) dengan pembentukan pengurus baru
Juli – Agustus 2013.
Peningkatan pelayanan pada anak dan guru










6.      STANDAR PENGELOLAAN

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.

Mensosialisasikan Visi, Misi, dan Program Sekolah baik kepada Guru, Karyawan, Siswa, maupun Orang Tua Siswa.
Juli – Agustus 2013
Dalam bentuk buku.
2.
Memberdayakan Organisasi di Sekolah seperti POMG, Paguyuban Kelas, Alumni, Paguyuban Keluarga (Pertemuan Keluarga)
POMG Agustus 2013
Paguyuban Kelas Okt 13
Pertemuan Keluarga Juli, Oktober, Januari, April
Penyegaran dan pembaruan Pengurus.
3.
Menyusun Program Sekolah yang berdasarkan hasil Rapat Kerja Sekolah dan di sosialisasikan kepada semua pihak yang berkepentingan.
Juni – Juli 2013.
Hasil raker sekolah, yayasan.
4.
Membuat pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif, efisien, dan akuntabel.
Juli – Desember 2013
-          Penilaian Juli 2013
-          Keseluruhan Desember 2013
5.
Meningkatkan keterlibatan seluruh warga sekolah dalam pengelolaan kegiatan non akademis dengan membentuk kepanitiaan.
Insidental
Panitia bertugas merencanakan, melaksanakan, dan mempertanggungjawabkan.








7.      STANDAR PEMBIAYAAN

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.

Menyusun RAPBS Keuangan Milik Yayasan Pangudi Luhur (Biaya Investasi dan Personal) dan RAPBS Keuangan milik Sekolah (Biaya Operasional) dengan melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan.
Juli 2013
RAPBS Yayasan mencakup UPP, US, Komputer.
RAPBS Biaya Opersional mencakup Keuangan POMG, BOS, BPMKS.
2.
Menyusun Laporan Pertanggungjawaban Keuangan secara teratur, teliti, dengan bukti yang jelas sehingga lebih akuntabel.
Setiap bulan/ insidental
Sesuai pedoman yang berlaku
3.
Meningkatkan semangat saling berbagi maupun subsidi silang kepada seluruh warga sekolah sehingga kebutuhan pendanaan sekolah terpenuhi dengan tetap memperhatikan yang yang membutuhkan.
Juni – Juli / insidental
Penentuan UPP, Uang Sekolah, Biaya Operasional.
Kegiatan Sosial
4.
Membangun jaringan kerja yang kuat dengan dunia usaha maupun kelompok masyarakat seperti alumni untuk memperoleh bantuan baik materiil maupun sprirituil.
Setiap ada kegiatan sekolah
-          Malalui kepanitiaan.








8.      STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

NO
PROGRAM UTAMA
WAKTU
KETERANGAN




1.

Menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal setiap mata pelajaran per kelas untuk tahun pembelajaran 2013–2014  dengan mengacu KKM tahun yang lalu.
Juli 2013
Khusus Kelas IV dan V syarat naik untuk mapel UN minimal sesuai KKM (bila belum harus remidi)
2.
Mensosialisasikan silabus kepada siswa sebelum memulai tema baru untuk kelas I,II,III dan sebelum pergantian Standar Kompetensi baru bagi kelas IV,V,VI dan guru Mata Pelajaran.
Kelas I–III setiap awal bulan
Kelas IV–VI insidental
Lembaran atau dalam buku teks.
3.
Penilaian berdasarkan karakteristik materi pelajaran sehingga penilaian dapat menggunakan teknik tes maupun nontes.
Setiap ulangan, ulangan umum, ujian
Hasil ulangan umum dan ujian tidak ada remidi atau perbaikan.
4.
Memberikan hasil penilaian kepada siswa dan melaporkan hasil penilaian kepada orang tua sebagai bahan diskusi untuk menentukan target berikutnya.
Kepada orang tua setiap penerimaan raport.
-          Hasil ulangan dimintakan tanda tangan orang tua.
5.
Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk melakukan diskusi dengan guru tentang perkembangan belajar siswa.
Pukul 11.00 – 12.00 setiap hari Sabtu.
Sebaiknya mengontak terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar